4LAy

4L4y = alay


taon ini sama taon kemaren tu lagi ada fenomena 4L4y, apaan sih alay itu?
kalo kata temen-temen gue sih, ALAY = Anak LAYangan
gue tuh bingung, "anak layangan??" kamsudnya apa tuh?
ternyata, setelah gue selidikin, anak layangan = kampungan
so, 4L4Y itu kampungan ?
mari kita simpan jawabannya nanti..

jadi, yang termasuk alay itu apa sih? tindakan apa sajakah yang termasuk ALAY?
gue udah mengadakan semacam research gitu deh di pesbuk, kejadian yang gue alamin, beberapa sumber, dan lingkungan sekitar gue..
okay, nih gue list satu-satu :

1. Pakaian NORAK
oke, menurut gue, pakaian norak yang gue maksud itu tuh kaya pakaian yang bikin sakit mata. contohnya? well, gue inget banget waktu gue lagi ngantri mau bayar roti di gerai "roti bicara" di BSM, gue ngeliat gerombolan cewek-cewek pake celana pensil (itu loh celana yang sempit bawahnya) warna IJO, MERAH, dan KUNING yang mencolok mata gue banget. Yang bikin gue makin enek, mereka asal aja tabrak warna sama bajunya, dan mereka pake kacamata geek yang super gede. ck, yang makin bikin enek, cowo-cowonya juga gitu!! mereka foto-foto narsis norak gitu di depan "pizza pondok". Gak hanya pakaian gitu sih yang norak, masih banyaaaaaaaaaaak tipe-tipe pakaian norak lainnya yang dapat dikategorikan sebagai 4L4y.

2. Aksesoris NORAK super LEBAY
seperti yang gue mention di atas, ada yang pake kacamata geek super gede kan? nah, menurut gue, kayanya kacamata geek itu merupakan aksesori wajib bagi para 4L4y-ers. mungkin bagi mereka, keliatan geek = trendy. kalo kata gue sih, geeky look itu hanya cocok bagi sebagian orang. tapi, kalo kata 4L4y, look geeky itu udah pasti keren kalo dipake mereka. ckckckck. selain kacamata geek, mereka suka pake barang-barang anak kecil gitu. gue inget banget waktu gue pulang sekolah, gue ngeliat anak SMA, cewek berdua, ngalungin botol minum anak teka! dan mereka juga make tas miki mos untuk anak teka! gue bengong ngeliatnya, gue yakin banget kalo ospek-ospekkan dah lama lewat. gak hanya itu, gue pernah liat anak SMA pake tas berbi, tas robot-robotan, bahkan ada yang make tas yang di dalemya ada bonekanya! kurang sarap apa coba mereka??

3. Sok-sok EMO
emo, mungkin disingkat dari emotional. bagi sebagian orang, emo merupakan suatu aliran musik. tapi bagi gue sih rasanya ngga..tapi yah, gak tau-menau juga sih! para emo ini punya style tersendiri, well kaya rambut di highlight, pake eyeliner, dan rambutnya itu panjang-panjang banget, minimal nutupin mata lah. gue udah browsing di gugel soal emo, rata-rata fotonya tuh bagus-bagus, yah, kerenlah. nah! para 4L4y-ers mengadaptasikan style ini dengan berbeda. mereka coba style ini, dan hasilnya juga NORAK sekali. jadi keliatannya dekil en kucel gitu deh. kalo gue liat di pesbuk, banyak banget 4L4y yang ngesok-sok emo, tiap hari pasang status tentang patah hati lah, kematian lah, pengen cepet mati lah. aduuuuh, gak penting banget. ada lagi yang suka foto-foto gaya emo dan hasilnya norak. yang paling parah, suka gonta-ganti nama di pesbuk pake nama yang sok-sok emo misalkan : "blaablaamenunggukematiaaandt", "blaablaacelaluwhdsuckidti", "blaablaaingindtbunuuhdirriwh". ew, totally disgusting.

4. Gonta-ganti nama NORAK
gue dah nyebutin tuh beberapa di point 3. 4L4y itu HOBI BANGET gonta-ganti nama mereka di pesbuk, dan biasanya namanya itu SUPER 3. maksud SUPER 3 adalah :
1. SUPER PANJANG
maksudnya SUPER PANJANG? yeah, gue pernah liat nama-nama 4L4y yang puanjuaaaaaaaaang buanget. nih contohnya : "blaablaarockprincesluftemogothicmetalzz spongebobzkiyuts punkqueenlolliipopp" (hello? lu masih sodaraan sama spongebob?).
2. SUPER RIBET
maksudnya SUPER RIBET? ada juga yang masang nama, udah mah panjaaang, malah ditambah pake simbol-simbol aneh-aneh pula! jadi susah banget buat dibaca. niat pesbukan gak sih??
3 SUPER NORAK
ini yang paling bikin mual. udah banyak banget yang pasang nama-nama norak yang tujuannya mencantik-cantikkan diri, mengkeren-kerenkan diri, bahkan ada juga yang suram-suramkan diri. nih contohnya masing-masing :
*. mencantik-cantikkan diri : "-blaablaasiichuantieqmannizt ciikiyutebaeeqhatii-", "-akkuwhbaaikdaansukhaamenabunnggh daanakuuwhjugaachantiiique-" (wueeeek)
*. mengkerenkerenkan diri : "siirocklopherz deathmetalzfreakzz" (emang kenapa kalo lu freak sama death metal?), "akuuuwhanaqbandsiitukanggebughdrummt" (so whaaaat??)
*. mengsuram-suramkan diri : "ciiblaablaaiiangscelaluwhterchakithi", "akuuwhciiceuematreeiiangstselaluwhcendiriii" (pantes aja lo ga pernah punya pacar! wkwkwk), "aqooiiangsdikhianathii celalluhcendhirii buthuukehangadtandtcinthaamyuuh" (ini nih, yang selalu minta digodain)
sebenernya sih masih banyak banget yang lebih norak dari ini, dan gue males ngeliatnya lagi..ahahahah.

5. CARA NULIS DAN BAHASA YANG NORAK
kaya judul postingan ini, 4L4y itu selalu mengkombinasikan angka dan simbol pada tulisan-tulisan mereka. bahkan, pada 4L4y tingkat parah, mereka mengkombinasikan itu semua dengan caps! haiyaah, kurang norak apa mereka?? para alay ini HOBI BANGET ngeimut-imutin dirinya sendiri, nih contoh :

" .. enak bgth eea,klo dkeeut s'sorg yg..
.. 90% nge_gemessint
.. 95% lutchu
.. 97% iimuueet
.. 98% baeek
.. 99% nyenengiindth
.. &...
.. 100% ngangeuuniind
.. kayya aqo..
.. gmanna gttt0..
.. jhhaahahhahaha
.. :)
.. :P "

(ini gue nemu di pesbuk. brrrrr, horror dah.)
para 4L4y itu punya bahasa sendiri. yah, bahasanya tuh ga beda jauh deh dari nama-nama 4L4y yang gue sebutin dari tadi, gue udah males nulisinnya lagi..heheheee :D

6. POSE NORAK
banyak 4L4y yang hobi banget foto-foto pake pose yang super norak sekali. yang termasuk pose norak itu tu suka monyong-monyongin bibir, megangin poni, kepala nunduk jadi yang keliatan itu cuma rambutnya doang, difoto dari atas, sok-sok nutup mulut, dan maaaaaasih banyak lagi.

so, balik ke pertanyaan awal :
4L4y itu kampungan?
dan gue jawab :
YA, KAMPUNGAN.

peace out. (-___-)v

0 komentar:



Posting Komentar